Minggu, 02 Desember 2012

Kriteria Bayi Sehat

Mengetahui kondisi bayi baru lahir tentunya merupakan tugas bidan atau dokter anak yang membantu persalinan ibu. Namun tidak ada salahnya jika ibu juga mengetahui ciri-ciri yang biasa ada pada bayi yang baru lahir dalam kondisi sehat.

Berikut beberapa tanda atau ciri yang ibu bisa kenali :

  • Menangis, jangan heran atau panik jika ibu melihat bayi ibu menangis terlebih dengan tangisan yang kadang disertai teriakan. Karena jika bayi yang baru lahir tidak bersuara atau hanya memberi respon suara yang kecil, ibu bisa mencurigai ada sesuatu dengan bayi ibu. Sebaiknya segera tanyakan kondisi ini pada dokter anaknya.

  • Nafas teratur, menandai bayi bernafas dengan teratur bisa dilihat dari sulit tidaknya dia bernafas. Jika terlihat terengah-engah, maka ini menandakan bahwa bayi mengalami kesulitan bernafas, segera konsultasikan dengan dokter anak.

  • Tidak kuning, Bayi yang kuning dalam kurun waktu 24 jam setelah lahir menandakan dia tidak sehat, tetapi jika kuning tang terjadi setelah 2-3 hari proses persalinan biasanya tidak membahayakan. Jadi pastikan bahwa bayi tidak dalam kondisi kuning setelah dilahirkan dan terjadi selama lebih dari satu minggu.

  • Kulit berwarna merah merupakan salah satu tanda bayi sehat, jika bayi berwarna biru maka segera konsultasikan dengan dokter anak.

  • Tidak ada kelainan bawaan seperti bentuk kepala yang besar karena hidrosefalus atau organ tubuh yang tidak lengkap atau sempurna.


0 komentar:

Posting Komentar