Rabu, 03 Oktober 2012

Perkembangan Janin Setiap Minggu (1)

Membawa sosok seorang manusia di dalam diri kita tentu sesuatu banget ya bun. Sebegitu sesuatunya sampe-sampe kepingin tau perkembangan janin dari hari ke hari. Tapi kan ga mungkin rasanya kalau kita setiap hari ke dokter untuk melakukan USG, nti di bilang lebay deh sama dokter plus perawatnya. :)

Apalagi biaya USG kan ga murah ya bun, karena kalo diliat2 alatnya yang super canggih itu pasti ga murah ya BTW kalo ada bunda yang bekerja di bidang kesehatan boleh nih dilihat2 harga alat USG disini atau disini, siapa tau ada bunda yang RS nya sedang butuh alat USG 3/4D ya bun, aku bisa bantu sediakan juga loh.. :)
Kembali ke topik awal nih bun, untuk mengurangi rasa penasaran bunda tentang perkembangan kehamilan, maka kali ini aku coba memberikan gambaran perkembangan janin mulai dari umur kehamilan minggu pertama.


Semoga ini bisa membantu bunda ya bun..

Minggu pertama, yang dimaksud minggu pertama disini adalah minggu dimana bunda terakhir haid. Jadi bisa saja dikatakan bahwa bunda belum hamil, namun begitu dalam ilmu kedokteran minggu ini tetap masuk hitungan agar bisa membantu perhitungan tanggal kelahiran kelak.

Minggu kedua yang dihitung sejak terakhir haid, merupakan waktu yang dinamakan masa subur dan disinilah peluang terbesar terjadinya pembuahan.Ayo bun semangat bikin dede.. :D




Minggu ketiga merupakan minggu penentu jika terjadi pembuahan pada sel telur oleh sel sperma. Sejak saat ini maka sel telur dan sel sperma yang telah bertemu akan disebut sebagai embrio yang memiliki ukuran sekitar 0,2 mm

Minggu keempat ukuran embrio sudah semakin besar bun, sekitar 1 mm. Plasenta yang berfungsi sebagai penyedia makanan bagi janin juga sudah mulai terbentuk, sehingga si janin bisa terus berkembang nantinya.

Minggu kelima, pada minggu ini akan terlihat bahwa embrio sudah mulai membentuk bagian kepala dan ekor. Ukuran janin sudah semakin bertambah menjadi 2 mm (masih kecil ya bun, tapi udah ada nyawanya loohhh...!!)



Minggu keenam, persentase perkembangan embrio sudah lebih besar dibanding dari minggu2 sebelumnya, yaitu 5 mm. Bentuknya melengkung seperti udang. Pada minggu ini kepala dan leher sudah mulai muncul, dan mata yang letaknya masih berjauhan juga sudah ada. Selain itu  hidung yang masih berbentuk tonjolan sudah mulai terlihat walaupun masih kecil. Pada minggu ini juga peredaran darah dan organ2 penting tubuh seperti ginjal, hati sistem pencernaan sudah mulai terbentuk. Itu sebabnya sangat penting buat kita para bunda diminggu2 ini sering taruh tangan diperut untuk mendoakan kesempurnaan pertumbuhan 'debay' nya. BIar tapat posisi dan berfungsi dengan baik semua bun.. :)

Minggu ketujuh, di minggu ini besarnya embrio seukuran kuku jari kelingking atau 1 cm. Masih kecil ya bun, tapi tangan sudah mulai ada dan berkembang dengan cepat. Tonjolan2 yang di minggu sebelumnya masih tampak pada rangka, pada minggu ini sudah jelas pada bagian atas dan bawah tangan bun.







Minggu kedelapan, disini otak sudah mulai berfungsi dan mengirimkan sinyal2 ke organ2 tubuh. Lambung sudah memproduksi sari2 makanan dan hati sudah membuat sel2 darah. Ukuran embrio 2 cm, 1 cm lebih besar dari minggu sebelumnya. Pertumbuhan sangat cepat dan bagian2 penting banyak yang berkembang juga. Jadi kalau diliat dari minggu2 sebelumnya sampai minggu ke delapan, bisa diambil kesimpulan kalau minggu2 awal ini sangat penting ya bun, karena itu sangat penting buat bunda untuk menghindari bahan2 yang membahayakan pertumbuhan 'debay'nya, seperti obat2 yang membahayakan janin, alkohol, rokok apalagi drugs yang termasuk narkotik dan psikotropik ya bun..



Cape juga ya bun bikin artikel ini, istirahat dulu deh. Besok kita lanjut ke minggu2 yang bikin kita semua sebagai bunda penasaran sudah sejauh apa debaynya..

Ok deh bun, sampai ketemu pada episode berikutnya.



sumber gambar: www.baby2see.com

2 komentar: