Rabu, 26 September 2012

Obat penambah darah

Kita mengenal beberapa obat penambah darah yang banyak beredar di pasaran bebas, namun terkadang dokter meresepkan obat yang tidak pernah melakukan advertising di media. Untuk itu perlu bunda mengetahui obat apa saja yang masuk ke dalam obat penambah darah.

Sebelum mengetahui nama masing2 obat yang diberi oleh pabriknya, ada baiknya bunda mengetahui lebih dulu fungsi dan kandungan apa yang ada di dalam obat tersebut.

Obat penambah darah biasa disebut hematinik berfungsi dalam pembentukan sel-sel darah merah. Proses pembentukan sel darah merah ini sendiri membutuhkan zat besi, asam folat  dan B12. Itu sebabnya, setiap obat yang berfungsi sebagai penambah darah akan mengandung sediaan zat besi atau biasa di tulis Fe atau ferro, vitamin B9 atau asam folat atau folic acid,  vitamin B12 atau cobalamin. 

Jadi bun, kalau bunda melihat di kemasan obat ada tulisan bahan-bahan tersebut, itu berarti obat penambah darah ya.. Jika ada tambahan dalam obat itu, biasanya merupakan kelebihan dari masing2 obat.

Di bawah ini saya informasikan beberapa obat yang berfungsi sebagai obat penambah darah, obat-obat ini saya masukkan dalam artikel saya karena ada dalam buku panduan saya ya bun, kalau obat bunda tidak ada disini bukan berarti obat bunda tidak bagus, tapi karena saya juga tidak mau menulis semua nama obat. Maklum bun, pegal juga kan, ga ada pesen sponsor sihh.. :)

1. Adfer, kandungan tambahan Mangan sulfat, cupri sulfate, vit C.
2. Befozi, kandungan tambahan Zink (Zn) atau seng
3. Biosanbe kandungan tambahan mangan sulfat, vit C atau ascorbic acid atau asam askorbat, sorbitol
4. Elovess kandungan tambahan Vit B6, Vit B1, cod liver oil
5. Ferofort kandungan tambahan vit C, Vit B1, B2, B6, lysine
6. Hemobion kandungan tambahan Calcium carbonate, cholecalciferol, Vit C
7. Inbion kandungan tambahan mangan sulfate, copper sulfate, Vit C, sorbitol
8. Natabion kandungan tambahan calcium carbonate, Vit C, cholecalciferol
9. Sangofer kandungan tambahan manganese sulfate, copper sulfate, vit C


Nah, begitulah kira2 informasi obat penambah darah yang bisa saya tuliskan disini. Sisanya, bunda bisa  liat sendiri di list kandungan obat bunda ya..

Salam sehat buunn..

1 komentar: