Rabu, 26 September 2012

Menyusui itu mudah..

 
Kalau untuk ibu yang baru melahirkan anak pertama, judul diatas mungkin bisa jadi dilema. Maklum ya bun, bunda belum pengalaman apalagi dedenya. Akhirnya waktu si dede menangis minta minum, bunda cuma bisa pasrah dan sedih karena ga tau bagaimana cara yang benar untuk menyusui si dede. 

Nah, di topik yang baru ini, aku akan beri sedikit gambaran bagaimana belajar menyusui yang benar. Semoga bermanfaat ya bun. :) 

Begitu selesai proses melahirkan apakah itu yang normal atau operasi, sebaiknya langsung lakukan inisiasi dini dengan cara meletakkan si bayi di dada bunda dan biarkan dia berkenalan dengan payudara bunda dan mencari puting.  Walaupun kadangkala si dede tidak berhasil menemukan puting, bunda jangan lantas putus asa, karena hal ini akan membantu dia terbiasa sehingga menemukan sendiri cara yang enak untuk menyusu.

Berhubung tidak semua bunda langsung mengeluarkan ASI pada hari yang sama setelah melahirkan, maka ini biasanya merupakan kesempatan buat bidan2 ataupun rs yang nakal untuk memberi susu formula bun. Tapi saran aku, bunda ga usah khawatir, karena setiap bayi itu membawa cadangan makanan pada saat dia lahir, jadi sekalipun ASI bunda belum keluar selama 24 jam, si dede ga akan kelaparan. Walaupun begitu, bunda juga jangan berleha-leha tidak memberi si dede ASI, karena sekalipun ASI tidak keluar, ketika dia dilatih untuk menghisap puting maka hisapannya itu akan menstimulasi ASI untuk keluar.

Lalu bagaimana posisi yang baik untuk menyusui ya bun..???

Gendong bayi dengan posisi perutnya menempel di badan bunda dengan posisi kepala yang menghadap wajah bunda. Posisi kepala bayi ada pada siku lengan bunda, dengan keseluruhan posisi badan bayi dari kepala hingga kaki berada pada garis lurus. Yakinkan lengan bayi yang berada di belakang badan ibu tidak tergencet.

Cape juga ya bun kalo nyusui sambil duduk, apalagi kalau malam-malam, trus posisi yang baik ada ga ya..??

Tenang aja bun, bunda bisa koq menyusui si dede sambil tidur asal pastikan posisi kepala sampai kakinya menghadap bunda, dan topang dia dengan bantal di punggungnya sehingga mencegah dia berubah posisi dan hanya kepala yang menghadap bunda.

Belajar posisi yang benar sudah, sekarang tinggal mengetahui bagaimana cara membuat si dede benar menghisap susu.

Pertama, gunakan ibu jari dan jari telunjuk bunda untuk menarik puting sehingga puting berdiri, lalu angkat puting ke atas ke arah langit-langit mulut bayi. Dekatkan puting ke arah pipinya sehingga mengenai ujung bibirnya,

Jika bayi tidak merespon bukan berarti dia tidak bisa ya bun, mungkin saja dia tidak lapar. Jadi tunggu sampai dia punya keinginan untuk menerima puting.

Jika bayi merespon, bunda perhatikan kalau seluruh aerola dan puting masuk ke dalam mulutnya, sehingga bisa menekan kelenjar susu yang bisa merangsang 'gudang' untuk mengosongkan seluruh isinya. Jadi bukan hanya puting yang masuk ke mulut bayi, tapi juga aerola. Nah aerola itu adalah lingkaran kecil yang berwarna lebih hitam dari warna kulit payudara bunda yang mengelilingi puting.

Untuk meyakini bahwa bayi benar2 sedang menyusu, bunda bisa melihat ada gerakan yang kuat, teratur dan berirama tetap, pipi bayi juga akan terlihat bergerak. Selain itu, bunda sendiri bisa merasakan bahwa ada tarikan kencang yang menuju keluar payudara.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ya bun, pernafasan bayi jangan terganggu pada saat menyusu, yakinkan dengan melihat bahwa lubang hidung tidak tertutup payudara. Untuk menghindarinya bunda bisa menggunakan jari untuk menekan payudara sehingga menjauhi hidung bayi.

Nah, selesai waktu menyusunya bun. Sekarang tinggal bersihkan si dede dan keringkan puting bunda.

Mudah kan ya bun.. Selamat menikmati waktu menyusui ya bun..







0 komentar:

Posting Komentar