Selasa, 25 September 2012

TORCH

IIIHHH.... Nama sejenis makhluk apa ya TORCH itu..???
Koq tiba-tiba dokter minta aku untuk cek keberadaannya sih.

TORCH merupakan kepanjangan dari Toksoplasmosis, Others, Rubella dan Cytomegalovirus.

Toksoplasmosis sendiri merupakan penyakit zoonosis yang berarti penyakit yang diderita oleh hewan dan bisa ditularkan ke manusia. Penyakit ini disebabkan oleh sporozoa Toxoplasma gondii, yaitu suatu parasit intraselluler yang banyak terinfeksi pada manusia dan hewan peliharaan. Penderita toxoplasmosis sering tidak memberi gejala klinis yang cukup berarti, sehingga sulit untuk menetapkan diagnosa tanpa melakukan pemeriksaan darah.

Toksoplasmosis bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Dampak yang diakibatkan sangatlah serius seperti janin lahir mati, cacat otak, kelainan mata dan terhambatnya pertumbuhan janin.  Apabila penyakit toxoplasmosis mengenai wanita hamil trismester ketiga dapat mengakibatkan hidrochephalus, khorioretinitis, tuli atau epilepsi. Amit-amit ya buunnn...

Trus gimana cara mencegah supaya tidak terkena toksoplasmosis ya buunn...???

Pertama, satu hal penting yang ga boleh kita lewati adalah selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan setelah memegang daging mentah, hindari feces kucing waktu membersihkan halaman atau berkebun. Selain itu selalu masak makanan sampai matang terutama daging. Menjaga makanan agar tidak terkontaminasi dengan binatang rumah atau serangga juga merupakan satu tindakan pencegahan yang wajib kita lakukan. 

Lalu untuk bunda yang sedang hamil trimester pertama sebaiknya diperiksa secara berkala akan kemungkinan infeksi dengan toxoplasma gondii. Jika hasil pemeriksaan positif, jangan ragu untuk mengobatinya ya bun sehingga bisa mencegah abortus maupun cacat bawaan.

Others (HIV< Syphilis, Clamidia, dll), kalau liat dari nama2 penyakitnya bikin ngeri ya bun. Apalagi dengan yang namanya HIV. Sepertinya itu bukan penyakit yang baru kita dengar ya bun, dan bunda juga pasti sudah tau bagaimana proses penyebaran penyakit ini serta akibat apa yang ditimbulkannya. 

Jenis-jenis penyakit yang ada dalam kategori ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual atau dari lingkungan yang tidak bersih (kec HIV ya bun).

Rubella atau biasa disebut campak jerman merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus rubella. Virus ini ditularkan melalui jalur pernapasan. Virus ini ditemukan di dalam darah 5 sampai 7 hari setelah infeksi dan menyebar ke seluruh tubuh. Virus memiliki sifat teratogenik atau berbahaya bagi janin dan mampu melintasi plasenta dan menginfeksi janin sehingga dapat mengganggu pertumbuhan janin yang bisa menyebabkan ketidaknormalan janin seperti buta, katarak, cacat jantung, tuli dan gangguan mental.

Cytomegalovirus (CMV)  adalah genus herpes virus dari kelompok Herpesvirus yang berpotensi membahayakan janin.Virus ini ditularkan melalui berbagai cara seperti tranfusi darah, transplantasi organ , kontak seksual, air susu ,air seni dan air liur; transplasental bahkan kontak langsung waktu janin melewati jalan lahir pada persalinan normal.

Manifestasi virus pada wanita hamil dapat berbeda-beda  pada janin yang dikandung, misalnya kulit berwarna kuning, pembesaran hati dan limpa, kerusakan atau hambatan pembentukan organ tubuh seperti mata, otak, gangguan mental, dan lain-lain tergantung organ janin mana yang diserang. Umumnya janin yang terinfeksi CMV akan mengalami lahir prematur dan berat badan lahir rendah.







0 komentar:

Posting Komentar