Minggu, 21 Oktober 2012

Perkembangan Janin Setiap Minggu (2)

Huufff... Setelah cari sini cari sana akhirnya ketemu juga gambar yang cantik2 untuk mengisi artikel mengenai perkembangan bayi ini. Akhirnya sekarang bisa juga deh lanjut bagian kedua, demi memenuhi permintaan bunda-bunda yang lagi jadi bumil, yang katanya ga sabar pengen tau perkembangan apa aja yang terjadi di setiap minggu selanjutnya.

Ya udah langsung aja ya bun..  :)

Minggu ke-9, perkembangan janin di minggu ini, si embrio ganti nama nih bun, jadi janin. Panjang si janin ini sekarang adalah 3 cm dengan berat sekitar 2 gr, dia sudah punya tangan yang besarnya sekacang kapri dan jari sudah mulai terbentuk. Kaki sudah membentuk lutut dan jari. Di minggu ini organ genital sudah mulai terlihat jelas.

Minggu ke-10, Panjang janin 4,5 cm dengan berat 5 gr. Rahang atas dan bawah sudah terbentuk dan janin sudah mulai memproduksi air seni. Bentuk janin sudah hampir menyerupai manusia. Darah dan sel-sel tulang mulai terbentuk.


Minggu ke-11, organ tubuh sudah terbentuk dengan lengkap dan mulai berfungsi. Panjang sekitar 6 cm, dengan berat 10 gr.Rambut, kuku pada jari tangan dan kaki sudah tumbuh.Janin sudah mulai bergerak dan bisa meluruskan tubuhnya, bahkan mengubah posisinya (pegel kali ya dia di dalam. :D)





Minggu ke-12, panjangnya 6,5 cm dan bobotnya sekitar 18-20 gr. Tangan sudah berusaha untuk memegang. Raut muka sudah tampak seperti manusia dengan kelopak mata yang sudah menutupi seluruh mata. Kepala bayi menjadi lebih bulat dan wajah telah terbentuk sepenuhnya. Jari-jari tangan dan kaki terbentuk dan kuku mulai tumbuh. Bayi mulai menggerak-gerakkan tungkai dan lengannya, tetapi ibu belum dapat merasakan gerakan-gerakan ini.

 



 

Minggu ke-13 :
Pada minggu  ini panjang janin sudah mencapai 7,5 cm dengan bobot 30 gr, sistem otot semakin kuat dan sistem saraf mulai berfungsi. Kelopak mata bayi merapat untuk melindungi mata yang sedang berkembang. Pertumbuhan janin sudah tidak berdasarkan naik atau turunnya berat badan si ibu lagi.








Minggu ke-14 :
Memasuki trimester kedua janin sudah banyak bergerak walaupun belum terlalu dirasa, dan tangan sudah mulai belajar mengepal. Panjangnya 8,5 cm dengan berat 60 gr. Mulut sudah membuka dengan bibir yang bergerak-gerak, dengan gerakan menghisap. Detak jantungnya juga sudah mulai menguat.





Minggu ke-15 :
Kepala janin sudah semakin membesar, dengan panjang 11 cm dan berat 90 gr. Terjadi perkembangan tulang dan sumsum tulang.  Mulai tumbuh bulu-bulu halus yang menahan lemak kulit. Janin sudah mampu menggenggam tangannya dan mengisap ibu jari, dan kaki sudah mulai menendang-nendang.



Minggu ke-16                    
Seluruh organ dan struktur tubuh kini sudah terbentuk. Panjang janin sekitar 16 cm dengan bobot 120 gr. Detak jantung janin sudah mulai bisa terdengar dengan menggunakan alat yang bernama doppler. Disini janin mulai menggerak-gerakkan seluruh tungkai dan lengannya, menendang dan menyepak, dan gerakan ini sudah mulai bisa dirasakan oleh ibu.







Minggu ke-17 :
Dengan panjang 18cm dan berat 150 gram, besarnya sudah seukuran sikat gigi. Panjang janin akan terus bertambah kira-kira dua centimeter setiap minggunya. Di usia ini, janin sudah bisa membedakan antara terang dan gelap. Plasenta sudah selesai terbentuk dan gerakannya sudah semakin dirasakan oleh ibu.






Minggu ke-18 :
Di usia ini panjang janin 20 cm dengan berat 200 gr. Janin sudah mulai bisa mendengar dan akan terkejut jika mendengar suara yang keras.





Minggu ke-19 :
Panjang janin sudah  mencapai hampir setengah dari panjang akhirnya. Rambut-rambut kasar seperti di kepala sudah mulai tumbuh. Tubuh bayi diselimuti oleh vernix caseosa yaitu semacam lapisan lilin yang melindungi kulit dari luka.Otak bayi telah berkembang mencapai jutaan saraf motorik sehingga di  minggu ini janin sudah mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol.


janin 20 minggu


Minggu ke-20 :
Bayi masih berenang-renang dalam lautan air ketuban. Ia mulai menendang, mengayun dan melakukan gerakan akrobatik 'salto'. Ia tumbuh dengan pesat, baik dalam bobot maupun panjangnya yang sekarang telah mencapai 25 cm,  dan bobotnya sudah sekitar 320 gram.




 
Minggu ke-21 :
Usus bayi telah cukup berkembang dan ia sudah mampu menyerap gula dari cairan yang kemudian di alirkan melalui sistem pencernaan menuju usus besar. Panjang bayi 27 cm dengan berat 380 gr.




Minggu ke-22 :
Pertumbuhan indera berkembang setiap hari, wajahnya semakin mirip seperti saat dilahirkan nanti. Perbandingan kepala dan tubuh semakin proporsional. Janin tidur dengan posisi yang dia sukai dan biasanya akan dia bawa sesudah lahir nanti. Panjangnya sudah sekitar 28-29 cm dengan berat 440 gr.





Minggu ke-23 :
Hampir semua organ tubuh janin sudah berkembang sempurna dan semakin nyata dilihat, tangan dan kaki  telah terbentuk dengan sempurna, jari juga terbentuk sempurna.. Janin sudah mulai berlatih untuk bernafas meskipun belum ada udara. Janin juga berlatih menggerakkan otot-ototnya agar lebih sempurna dengan cara menggerakkan otot jari-jari tangan dan kaki, lengan dan kaki secara teratur. Beratnya hampir 500 gram dengan panjang 30,5 cm.


Seru ya bun mengetahui bagaimana si dede berkembang di rahim kita. Tapi kalo di stop dulu sampe sini gapapa kan bun? Maklum, ibu yang kerja di rumah.  Waktu digunakan untuk bekerja dan menjaga anak.. :)

Jangan lupa tunggu edisi berikutnya ya bun...






sumber gambar : http://www.baby2see.com

1 komentar: