Selasa, 18 September 2012

Membaca hasil test pack


Hiks bun binun gimana cara baca hasil test pack..???? :(

Sering ga sih bunda2 muda bertanya seperti ini. Ngeliat garis 3 ada yang berubah warna dan ada yang tidak. Udah H2C bisa hamil, eh waktu mau liat hasil kebingungan baca nya.

Tenang bun, kali ini aq mau share bagaimana cara membaca hasil test pack. Bukan cuma itu bun, aq juga akan bagiin kapan waktu terbaik utk melakukan tes ini.

Udah siap untuk terima ilmu baru bun..??

Udah ya,, nyookkk kita liat dulu apa sih test pack itu sebenarnya, biar ga tulalit gitu loh.. :)

Test pack adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui kehamilan,alat ini dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah penggunaannya bagi orang awam.

Bagaimana cara kerja alat ini ya?

Alat ini mengecek kadar hcG (human chorionic gonadotropin) di dalam urin, dimana biasanya kadar hcG pada wanita hamil akan meningkat. hCG adalah hormon yang dihasilkan oleh sel plasenta, yang akan muncul 6 hari setelah pembuahan. Setelah beberapa minggu, jumlah hormon ini akan terus meningkat, kira-kira 2x lipat setiap dua hari.

Berdasarkan metode pengecekannya, alat ini dibedakan menjadi dua, yaitu strip dan compact. Pada bentuk strip alat ini dicelupkan ke dalam urine yang telah ditampung atau langsung disentuhkan pada urine waktu buang air kecil. Sementara yang bentuk compact sudah ada tempat untuk menampung urine yang nantinya akan diteteskan.

Kapankah waktu yang tepat melakukan pengecekan menggunakan testpack?

Sebaiknya bunda melakukan pengecekan pada waktu bunda buang air kecil pertama kali di pagi hari. Kenapa harus pagi dan pertama? Karena pada waktu inilah kadar hcG ditemui pada rate tinggi. Perlu bunda ketahui bahwa jika bunda baru terlambat satu atau dua hari kemungkinan hasil pengecekan negatif. Hal ini disebabkan perubahan hormon pada tubuh yang belum signifikan. Untuk lebih meyakinkan, bunda bisa mengulang melakukan tes lagi setelah beberapa hari, jika bunda masih belum datang bulan.

Setelah mengetahui ttg testpack dan waktu melakukan pengecekan, tentunya bunda ingin tau juga ya bagaimana cara melakukan pengecekan yang terbaik, sehingga terjadinya kesalahan bisa diminimalisir.
Sebelum melakukan pengecekan, ada baiknya bunda membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu. Karena biasanya beda merk beda aturan. Oh ya bun, kalo bisa, hindari miunm air dulu ya sebelum buang air kecil, shg kepekatan air seni bisa dijaga.

Setelah yakin kalo bunda tidak akan salah menggunakan testpack ini, bunda boleh deh buka kemasannya. Trus bunda tau dong ya apa yang bunda harus lakukan..?? Ga perlu saya kasih tau kan ya gimana cara buang air kecilnya.. :D

Berdasarkan metode pengecekannya, maka bunda bisa menentukan apakah bunda harus menampung atau langsung membasahi alat dengan air seni ya bun.. (jadi make sure that bunda do the proper steps)
Setelah itu, bunda tinggal tunggu deh hasil pengecekannya. Pembacaan hasil ini tergantung pada jenis masing2 testpack, ada yang memberi hasil dengan perubahan warna pada garis (strip) dan ada juga yang memberi tanda positif dan negatif.

Jika bunda melihat bahwa hasil yang diberi kurang jelas, bisa saja krn alat yg bunda gunakan kurang akurat, atau bunda memang belum hamil. Tapi, untuk memberi keakuratan hasil, ada baiknya bunda melakukan pengecekan kembali setelah beberapa hari. Karena mengkin saja bunda benar2 hamil, tapi karena kadar hormon bunda masih sedikit atau alat yang kurang akurat atau kesalahan tahapan pengecekan, maka bunda memperoleh hasil negatif.

So, udah tau kan bun gimana cara menggunakan sampe membaca hasil testpack. Intinya adalah, baca dahulu tiap tahapan prosedur penggunaan sebelum bunda melakukan pengecekan. Dan jika hasil masih negatif padahal bunda yakin kalo bunda hamil, karena bunda mengalami gejala2 kehamilan, maka jangan ragu2 utk segera kunjungi dokter bunda ya, sehingga bisa dilakukan pengecekan kehamilan yang lain, karena pengecekan kehamilan bisa dilakukan dengan berbagai cara koq..

Berulang kali memakai tespack sehingga kehabisan?? Tenang bun, bunda bisa pesan tespack dalam jumlah banyak utk stok di rumah, cuma liat disini untuk memilih jenis tespack yang bunda mau..

Semoga bermanfaat ya bun.. :)

Photobucket

2 komentar: