Sabtu, 22 September 2012

Cara memandikan bayi baru lahir

Bun bayiku kecil banget.. jadi ga tega mo mandiinnya..

Duh bun, yang namanya bayi baru lahir pastilah kecil yaa.. Kalo besar itu sih bapaknya..  :)

Tapi aku kan belum pengalaman mandiin bayi bun. Ini baru anak pertamaku..

Trus kalo ga memulai, kapan mau pengalaman ya buunn..


Ckckck.. sering ga sih bun, denger alasan2 yang kaya gini. Ngeliat bayinya yg imut n rentan gitu, ada bunda yang jadi ga berani untuk mandiin bayinya sendiri. Padahal loh bun ya, pada saat bunda memandikan si dede, akan terjadi hubungan emosional antara ibu dan bayi, trus bisa mempercepat penyembuhan bunda setelah proses persalinan bun.

Nah, kalo bunda ngerasa takut untuk memulai, coba deh baca2 dulu cara yang aman memandikan si dede yang baru lahir.

Pertama2, bunda siapin dulu alat mandinya, air hangat yang bisa bunda cek dengan lengan bunda, handuk berbahan lembut, kering dan bersih lalu terakhir pakaian si dede. Hal ini penting karena untuk menghindari si dede terlalu lama tidak menggunakan pakaian.

Gunakan sabun khusus bayi ya bun, jangan sabun bunda karena kulit dede kan masih halus dan sensitif. Untuk tempat mandi, sebaiknya jangan di kamar mandi bun, karena menghindari bunda terpeleset ketika mencoba bangun setelah selesai memandikan.

Kalo udah siap semuanya, sekarang tinggal siapin si dede deh.. Pastikan kalo si dede merasa nyaman untuk mandi, lingkungan mandi tidak dingin, kalo kamar ber-ac lebih baik matikan dulu ac nya. Jangan mandikan dede sehabis minum ASI karena takut muntah, tapi pastikan juga tidak dalam kondisi lapar.

It's Bathing time..

Buka baju dede di tempat tidur atau di tempat yang datar yang diberi alas perlak atau bedong kalau bunda belum berani memangkunya. Bersihkan mata dengan cara mengusapnya menggunakan kapas dari arah dalam ke luar. Lalu basuh mulai dari kepala, wajah, leher sampai kaki. Sabuni dengan menggunakan washlap berbahan lembut mulai dari kepala sampai kaki, jangan lupa untuk membersihkan bagian lipatan juga.

Setelah itu bawa dede ke bak mandi dan masukkan dengan pelan ke bak mandi agar dia tidak terkejut. Cara menggendong yang aman pada saat memindahkan ke bak mandi, letakkan satu tangan di bawah pundaknya, sementara tangan lainnya diletakkan di pantat. Lalu topang leher dan pundaknya pada saat membilas. Setelah yakin bahwa badannya sudah bersih dari sabun, angkat dengan meletakkan salah satu tangan di pantatnya. Segera tutupi dengan handuk agar tidak kedinginan dan keringkan badannya. Pada saat mengeringkan, lakukan dengan cara menepuk-nepukkan handuk ke badannya, jangan diusap, karena bisa mengakibatkan iritasi halus. Kenakan pakaian yang sudah disiapkan dengan tetap ditutupi handuk.

Nah bun, gampang kan ya..

Jadi sekarang, ga ada alasan lagi untuk ga mandiin anak kita sendiri kan ya bun.. :) Karena moment ini sangat menyenangkan loh bun. Sayang sekali kalau kita melewatkan masa2 awal ini.

Oh iya bun, ada lagi yang perlu diingat pada saat membersihkan dede, jangan lupa perhatikan alat kelaminnya, kalau untuk yang perempuan bersihkan dengan cara menyapukan kapas basah dari arah lubang vagina ke arah lubang anus. Untuk si jagoan, bersihkan alat kelamin dengan menggunakan kapas basah dengan cara membuka kulit kemaluannya karena jika kotorannya tidak dibersihkan bisa membuat bayi susah kencing loh bun. Kan kasian yaa.. :(

Trus jangan lupa juga bagian telinga dan hidung ya bun. Bersihkan dengan kapas basah saja bun, karena kalau cotton bud, kapasnya rentan tertinggal di dalam. Bersihkan hanya pada bagian yang masih bisa kita jangkau dengan penglihatan, karena kalau terlalu dalam bisa repot akibatnya.


Well, the baby is well bath now. Pastinya dia sudah tambah cantik atau ganteng ya buunn...  :)
Akhirnya tiba juga untuk next activity, ngobrol-ngobrol sama mama papa ato mungkin bobo lagi. Hehe.. Maklum ya bun, namanya juga bayi, aktivitasnya masih itu" aja.

Ok deh bun, selesai juga sharing tentang cara mandikan bayi, kita ketemu di tema berikutnya ya bun..

Salam..









3 komentar:

  1. terima kasih infonya. sebaiknya sehabis mandi, pas dipakaikan baju dede bayi diajak ngobrol supaya ga ngerasa kedinginan, hehehe. jangan lupa dipakaikan popok bayi lembut ini http://goo.gl/JEgRPz

    BalasHapus
  2. hehehehe aku jdi tau cra mandiin byi ,nnt klo punya baby aku udh bsa,

    BalasHapus
  3. makasih tipsnya, shampo dan sabun bayi yang bagus untuk bayi kaya gimana ya?

    BalasHapus