Senin, 19 November 2012

Batuk pilek

Anak sakit? Tentu hal ini sering membuat ibu menjadi panik. Tetapi sebelum kepanikan tersebut datang, ada baiknya para ibu mengetahui informasi yang bisa membantu untuk mengatasi keadaan ketika si kecil terserang batuk pilek.

Batuk pilek bisa dibedakan atas dua kategori, yaitu yang disertai dengan demam ataupu yang tanpa demam.
Untuk yang tanpa demam, biasanya faktor penyebabnya adalah alergi terhadap debu atau udara dingin. Jikka benar si kecil ibu adalah anak yang alergi, maka ibu harus tau apa penyebab alergi bagi si kecil sehingga nantinya ibu dapat menghindari si kecil terhadap zat-zat alergen yang membuat timbulnya batuk dan pilek tersebut.

Untuk batuk dan pilek yang disertai dengan demam,, biasanya disebabkan oleh virus influenza. Untuk mencegah anak terserang penyakit ini maka ibu dapat memberikan makanan bergizi seimbang dan mendapat cukup istirahat sehingga anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu ibu juga bisa mengajari anak yang sudah bisa diajak komunikasi untuk selalu menjaga kebersihannya, dan untuk bayi ibu harus menghindarkan mereka dari orang-orang yang sedang menderita penyakit ini.

Apa saja yang bisa ibu lakukan jika anak sudah terserang??


    Photobucket
   
  • Buat anak cukup istirahat, sehingga bisa mengembalikan sistem imun anak yang sangat diperlukan dalam memerangi infeksi virus.
  • Untuk membuat anak nyaman ketika tidur karena hidung tersumbat, maka ibu bisa membaringkan anak dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari badannya.
  • Berikan minuman yang hangat sehingga dapat melegakan pernafasan si kecil, selain itu ibu bisa memberikan air perasan jeruk nipis yang dicampur air putih agar tidak terlalu asam buat perut si kecil.
  • Jika batuk pilek disebabkan karena alergi, biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu satu minggu.
  • Segera bawa anak ke dokter jika anak kesulitan bernafas dan mengalami batuk berdarah.

0 komentar:

Posting Komentar