Jumat, 19 April 2013

Miliki Kehamilan yang Sehat


Selama kehamilan, beberapa hal bisa mendadak menjadi sangat penting bagi kesehatan fisik dan emosional ibu hamil. Tidak hanya sekedar mengunjungi dokter kandungan atau bidan secara teratur, tetapi yang sangat mungkin tidak pikirkan bisa saja terjadi, misalnya terjadinya perubahan dimana anda mulai memilih lawan bicara yang bisa mengikuti ketidakstabilan emosi anda. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah, bahwa disetiap perubahan, ibu hamil dan orang2 disekitarnya harus tetap menjaga kondisi kesehatan fisik dan emosi ibu hamil.

Untuk mempertahankan kestabilan kondisi fisik dan mental ibu, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini.


  • Idealnya, persiapan kehamilan dilakukan setidaknya tiga bulan sebelum kehamilan. Karena dengan kondisi kesehatan yang lebih baik, maka kemungkinan anda melahirkan bayi sehat akan lebih besar. Mengunjungi dokter kandungan anda adalah salah satu langkah pertama dalam perencanaan kehamilan yang sehat. Akan lebih baik jika dokter anda mengetahui anda aman dari virus yang dapat mengganggu proses kehamilan, seperti rubella, toksoplasma dll, terlebih jika anda terbiasa hidup dengan hewan peliharaan. Jika anda siap untuk menerima kehamilan, kemungkinan anda akan menerima resep vitamin untuk mempersiapkan kehamilan. Anda memerlukan setidaknya 400 mikrogram folic acid setiap harinya yang dikonsumsi setidaknya selama satu bulan sebelum pembuahan, selama dan sesudah proses kehamilan. Pastikan gigi dan gusi anda berada dalam kondisi kesehatan yang baik. Makin banyak bukti yang menunjukkan bahwa penyakit periodontal membuat wanita lebih mungkin untuk memiliki bayi prematur atau dengan berat lahir rendah  
  • Jangan mengkonsumsi obat secara berlebih selama proses kehamilan, karena mungkin saja obat yang anda beli secara bebas di apotek tanpa petunjuk dokter dapat membahayakan kandungan anda.  Sebaiknya komunikasikan setiap keluhan yang anda alami dengan dokter anda, dan dokter akan membantu menentukan obat yang direkomendasikan selama kehamilan. Jika Anda berpikir bahwa herbal atau homoeopati remedies cukup aman bagi kesehatan janin, maka anda salah karena zat yang terkandung dalam herbal masih melewati plasenta dan bisa mempengaruhi perkembangan bayi Anda. 
  • Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan selama kehamilan, karena saat ini anda sangat  membutuhkan vitamin dan mineral seperti B6, B12, besi, kalsium dan asam folat. Pisang dan biji-bijian, kaya vitamin b6, mendorong pembentukan sel darah merah. Ubi jalar memiliki vitamin A untuk tulang. Bayam dan salmon kaya akan kalsium, yang membantu mencegah keropos tulang selama kehamilan anda dan membantu pertumbuhan tulang bayi. Jika Anda berpikir dengan meminum vitamin ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan gizi perhari, maka anda salah, karena tubuh Anda dan bayi Anda membutuhkan lebih daripada yang obat vitamin berikan. 
  • Hindari bahan-bahan makanan yang membahayakan kandungan anda. Banyak bahan-bahan berbahaya yang ada makanan. Kemungkinan yang bisa anda temui adalah bakteri Listeria yaitu bakteri yang bisa masuk ke dalam plasenta dan menyebabkan keguguran. Hindari makanan yang  dimasak setengah matang, mayonaise atau es krim buatan sendiri yang mengandung telur mentah,  seafood jenis tertentu yang mungkin mengandung merkuri. Selain makanan yang bisa membahayakan janin karena kandungannya, Anda juga harus menghindari alkohol dan asap rokok.
  • Waktu sembilan bulan tentu bukanlah waktu yang singkat, terlebih bagi anda yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati, tapi tahukah anda bahwa waktu ini adalah waktu yang terbaik untuk mempersiapkan ibu untuk menjadi orang tua. Jika anda tertekan dengan hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan, kelahiran, pekerjaan, atau bahkan masalah lain maka itu dapat mempengaruhi bayi anda. Adanya tekanan atau stres dapat menyebabkan prematur karena kondisi stres dapat melepaskan hormon contraction-triggering. Sementara stres kronis dapat melemahkan sistem kekebalan ibu hamil dan menyebabkan kelahiran berat badan rendah untuk bayi anda. 
  • Selama kehamilan mungkin anda akan mengalami rasa terbakar di dada atau biasa disebut heartburn dan lusinan ketidaknyamanan lain yang biasa dialami ibu hamil. Heartburn bisa menyerang kapan saja selama kehamilan, hal ini cenderung terjadi sebagai akibat pelebaran perut. Meningkatnya hormon progesteron menyebabkan penundaan pencernaan dan membuat katup yang menghalangi asam lambung merayap ke kerongkongan mengendur. Untuk meminimalisir hal ini makanlah makanan kecil dan tetap pada posisi tegak selama satu jam setelah makan. Jika rasa perih mengganggu di malam hari, gunakan bantal untuk tidur dalam posisi kaki lebih tinggi dari perut tapi sejajar dengan kepala. Obat maag yang dijual bebas biasanya bisa digunakan, tetapi Anda tetap harus memeriksa ke dokter untuk memastikan.  
  • Pada trimester kedua dan ketiga kemungkinan anda akan mengalami kram kaki. Ada sejumlah alasan mengapa hal ini terjadi dan frekwensinya terus meningkat, dari terjadinya dehidrasi ringan sampai adanya tekanan pada saraf tulang belakang. Anda dapat mencegah terjadinya kram otot dengan melakukan peregangan kaki, tapi jangan melakukannya pada jari-jari kaki karena bisa memicu terjadinya kejang. Olahraga juga bisa membantu mencegah terjadinya kram. Memijat kaki dan mandi air hangat juga bisa sedikit membantu.
  • Anda memerlukan setidaknya delapan atau sembilan jam tidur untuk memiliki energi yang cukup untuk bisa melalui satu hari dalam keadaan baik. Sayangnya, kondisi kehamilan terkadang tidak mendukung untuk bisa tidur nyenyak, terlebih di usia kehamilan trimester ketiga. Di usia kehamilan yang semakin tua ada baiknya anda mengubah posisi tidur menjadi berbaring ke sisi kiri karena akan mengoptimalkan aliran darah baik untuk anda sendiri maupun bayi anda.  
  • Anda mengidam dan selalu ingin menikmati semua makanan yang timbul dalam pikiran anda? Perlu ibu ketahui, jika kebutuhan dasar akan vitamin dan mineral sudah tercukupi, maka ibu bisa saja menikmati setiap makanan yang ibu inginkan. Tapi jika ibu yang mengalami mual muntah setiap saat dan hanya ingin makan makanan yang kurang nilai gizinya, maka ibu harus waspada. Utamakan kebutuhan gizi ibu dan bayi yang dikandung sebelum menikmati semua makanan yang hanya sedikit mengandung nilai gizi.
  • Usahakan untuk tetap aktif selama kehamilan, setidaknya anda memiliki waktu 30 menit untuk berolahraga setiap harinya karena ini dapat mengurangi rasa sakit di punggung dan sembelit yang biasanya terjadi pada kehamilan trimester tiga. Selain itu, dengan tetap beraktifitas, dapat membantu Anda tidur lebih baik dan membantu menjaga suasana hati, dan mengurangi morning sick.  Beberapa olahraga atau kegiatan yang bisa dilakukan ibu hamil adalah berjalan, yoga, berenang dan aerobik low-impact. Kegiatan seperti berjalan mungkin aman untuk bayi dan ibu, tetapi hal ini lebih bermanfaat hanya jika anda sudah melakukannya secara teratur sebelum hamil. Sebelum berolahraga pastikan ibu dalam keadaan sehat dan ketahui tanda-tanda kelelahan sehingga anda tidak melakukan kegiatan yang akan membahayakan kandungan. 

Jadi, apakah anda siap untuk melakukan kehamilan yang sehat?

0 komentar:

Posting Komentar