Jumat, 19 Oktober 2012

Makanan Sehat Untuk Balita

Proses persalinan berjalan lancar kah bun?? Semoga ya, sehingga bunda dan dede bayi dalam keadaan sehat-sehat.Setelah masa persalinan lewat, pastinya ada hal baru yang bunda hadapi ya, dan mungkin banyak sekali nasehat-nasehat orang tua yang datang untuk merawat dan menjaga si dede.

Nah kali ini aku mo bagiin info tentang makanan sehat apa saja yang baik untuk balita kita..Simak baik-baik ya buunn.. :)



  • Umur 0-6 bulan : HANYA BERIKAN ASI, berikan ASI yang pertama kali keluar dan berwarna kekuningan atau biasa disebut kolostrum. Jangan beri makanan atau minuman selain ASI, bahkan air putih sekalipun. Karena ASI adalah satu-satunya makanan sehat untuk si bayi. Susui bayi sesering mungkin dan setiap kali dia menginginkan paling sedikit 8 kali sehari. Jika bayi tidur lebih dari 3 jam, bangunkan perlahan dan segera susui.  
  • Umur 6-9 bulan : Tetap berikan ASI yang ditambah dengan makanan pendamping ASI (MP-ASI), MP-ASI ini diberikan secara bertahap sesuai dengan umur si bayi. Menu makanan pendamping untuk bayi seusia ini masih berupa bubur tepung beras yang bisa bunda bikin sendiri atau beli produk yang sudah jadi.
  • Umur 9-12 bulan : ASI masih tetap diberikan dengan ditambah MP-ASI yang lebih padat.
  • Umur 1-2 tahun : ASI masih tetap diberikan dan disertai makanan seperti yang dimakan orang dewasa yang mengandung nasi, lauk pauk dan buah. Pemberian makanan dilakukan 3 kali sehari dengan porsi masing2 1/3 piring orang dewasa, dan diberikan makanan selingan 2 kali sehari. Usahakan memberikan menu makanan yang bervariasi setiap jam makan supaya balita kita tidak bosan.

  • Umur 2-3 tahun : Lanjutkan dengan memberi makanan orang dewasa dengan menambah porsi menjadi 1/2 piring, dan diberikan makanan selingan 2 kali sehari. Hindari memberikan makanan yang manis sebelum makan karena bisa mengurangi nafsu makan.

Demikianlah bun, makanan sehat untuk balita kita. Dan untuk kebaikan serta kesehatannya maka berusahalah untuk setia memberikan ASI selama 6 bulan pertama dan sampai mereka berumur dua tahun ya bun.. Karena itulah makanan paling sehat untuk balita kita.

0 komentar:

Posting Komentar